Cara Menghentikan Notifikasi iPhone Saat Bermain Game (Gaming Mode)

dellia erdita

Cara Menghentikan Notifikasi iPhone Saat Bermain Game

iPhone adalah Smartphone yang sangat powerfull dengan chipset yang dibawa, dijadikan daily driver atau untuk gaming semua bisa tidak ada masalah, namun pernahkan anda mengalami gangguan kecil semasa bermain game menggunakan iphone ? seperti notifikasi muncul terus menerus, status bar terarik saat bermain game pubg sehingga mengganggu pengalaman bermain game anda.

Cara Menghentikan Notifikasi iPhone Saat Bermain Game

sangat disayangkan di dalam iphone fitur gaming ini tidak disediakan langsung oleh pihak apple, namun jangan khawatir dalam artikel ini kami akan memberikan bagaimana tutorial mengatasi notifikasi yang muncul terus dan status bar yang tertarik kebawah. anda tidak perlu memikirkan dengan gangguan yang datang. anda bisa dengan tenang bermain game hingga menang.

Menggunakan Do Not Disturb dan Guide Access untuk Bermain Game iPhone

Cara Mengatasi masalah ini sebenarnya ada 2 cara yaitu mengunakan mod Do Not Disturb (Dnd) dan Access Guide, memiliki beberapa kelemahan dan kelebihan masing masing. berikut ini merupakan penjelasan masing masing methode.

Apa Itu Do Not Disturb ?

Do Not Disturb adalah fitur iphone yang ada sejak dahulu, fitur ini digunakan saat kalian tidak ingin di ganggu dengan notifikasi chat bahkan telephone dari siapa saja, fitur ini biasanya digunakan saat orang ingin tidur dengan nyenyak, kalian bisa mengatur schedule melalui pengaturan yang ada dalam iphone. cara menggunakan Do Not Disturb ini bisa digunakan untuk bermain game.

Apa Itu Guide Access ?

Guide Access atau akses terpadu adalah  fitur adalah salah satu fitur iphone yang sangat sangat berguna untuk fokus kedalam satu aplikasi tertentu, saat anda mengaktifkan fitur ini anda akan terkunci untuk fokus kedalam satu aplikasi tersebut, dan anda tidak bisa menggunakan aplikasi lainya. anda tidak bisa kembali ke akses homescreen sebelum menon-aktifkan fitur ini, sangat berguna ketika bermain game dan aksess terbatas pada anak anda serta Menonaktifkan tombol perangkat keras ( Seperti Tombol home, Volume, On/Off).

Cara Menggunakan Do Not Disturb saat Bermain Game

Cara mengaktifkan fitur ini sangat mudah anda bisa langsung bisa dengan siri atau menu yang ada distatus bar, namun sebelum itu anda harus mengaturnya dahulu di dalam pengaturan.

  1. Buka aplikasi Pengaturan di iPhone
  2. Kemudian arahkan ke Menu Do Not Disturb
    Cara Menghentikan Notifikasi iPhone Saat Bermain Game
  3. Didalam menu tersebut Aktikfkan Silence Menjadi Always.
  4. Untuk memastikan bahwa Anda tidak mengizinkan panggilan, buka  Allow Calls From dan pilih No One
  5. Sekarang untuk mencobanya anda bisa menarik status bar kanan untuk control center dan klik ikon Bulan untuk Mengaktifkan Do Not Disturb.
  6. Anda bisa mengaktikan untuk waktu 1 jam dan schedule.
  7. Untuk menonaktifkanya silahkan klik tombol Dnd kembali

Sekarang anda bisa dengan leluasa bermain game tanpa halangan notifikasi atau telephone yang masuk, namun jika cara ini kurang anda bisa mencoba untuk menggunakan metode guide access.

Cara Menggunakan Guide Access di iPhone saat Bermain Game

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa cara ini lebih fokus kepada aplikasi yang dipilih, dan mengabaikan semua aplikasi yang berjalan, anda tidak bisa mengakses aplikasi lain saat menggunakan mode ini. caranya sangat mudah.

Guide Access

  1. Masuk Ke pengaturan iPhone anda
  2. Kemudian Scroll kebawah dan masuk ke dalam Settings > General > Accessibility.
  3. Kemudian Pilih Guide Access.
  4. Kemudian Aktifkan
  5. Jangan Lupa untuk mengatur sandi saat anda ingin menggunakan access guide ini
  6. Klik Passcode Settings,kemudian klik Set Guided Access Passcode disana anda bisa memasukan passwordnya.
  7. Klik Konfirmasi dan selesai.

Kini anda telah berhasil mengatur Guide Access di iphone, cara selanjutnya adalah cara mengatikan guide access.

Cara Mengaktifkan Guide Access (Akses Terpadu)

Cara Menggunakan Guide Access ini sangatlah mudah, berbeda dengan do not disturb yang dimana kalian bisa mengaktifkan dengan control center, guide access ini sedikit berbeda.

  1. Buka aplikasi yang Anda inginkan,
  2. Lalu tekan Tombol Home 3 kali untuk masuk kedalam guide accsess
  3. Disana akan muncul Tangkapan Layar untuk di konfirmasi.
  4. Tekan Start dan akan muncul passcode yang sudah anda atur tadi.
  5. Sekarang anda bisa bermain game dengan senang tanpa harus terganggu

Cara Menonaktifkan Guide Access (Akses Terpadu)

Cara menonaktifkan guide access ini sangat mudah anda hanya tinggal mengulangi langkah diatas.

  1. Tekan Tombol Home sebanyak 3x
  2. Akan muncul notikasi seperti saat anda mengaktifkan guide access
  3. kemudian tekan End untuk mengakhiri dengan memasukan passcode kembali.
  4. Selesai

Pertanyaan Seputar Do Not Disturb dan Guide Acces

Apa perbedaan Do Not Disturb dan Guide Access ?

Sudah kami jelaskan diatas bahwa Do Not Disturb masih bisa menggunakan aplikasi lain dan hanya notifikasi chat dan telephone saja yang hilang, berkebalikan dengan Guide Access hanya fokus satu aplikasi saja.

Apakah bisa menggunakan screenshot ketika dalam mode guide access ?

Tidak anda tidak bisa menggunakan mode screenshot bahkan recording ketika anda menggunakan mode ini, namun anda tetap bisa mengaktikannya dengan cara menenkan tombol home 3 kali dan melihat menu option yang ada dibawah. anda bisa aktifkan side button dan volume button untuk screenshot.

Sebaiknya Saya Menggunakan Mode yang mana dalam bermain game ?

Jika anda ingin benar benar fokus dalam bermain game dan tidak ingin diganggu kami menyarankan anda untuk mengaktifkan guide access. namun jika anda hanya bermain game casual anda bisa menggunakan DnD.

Kesimpulan

Cara diatas adalah cara yang paling banyak digunakan oleh orang orang, kami menyarankan anda memilih sesuai dengan keingginan anda dan kebutuhan, jadi jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada teman teman anda ya terimakasih.

Also Read

[addtoany]